Total Tayangan Halaman

Sabtu, 04 Januari 2014

Baju Tidur


Waktu itu, diajak oleh kawan pergi ke pasar untuk belanja beberapa baju tidur perempuan dalam jumlah banyak. Aku tidak menduga tujuan dia membeli baju tidur kwalitas bagus itu untuk apa, malah sangat kaget saat tahu baju-baju itu untuk siapa.

Mungkin lebih dari dua puluh baju yang dibeli, aku tidak ikut menghitung secara pasti. Usai pembelian, kami masuk dalam mobil sewaan, dan kawan ini berkata kepada supir: 'Ayo pak, kita menuju lokasi A, B dan C...' Inilah awal aku terkejut, lokasi A, B dan C adalah tempat perawatan warga yang mengidap 'schizophrenia' dan sejenisnya. Lokasi A, B dan C tidak berdekatan, tempat itu dikelola bukan oleh pemerintah.

Sampai di lokasi A, B dan C kawan ini langsung menemui pihak pengelola dan berkata dia bawa sesuatu untuk mereka yang sedang dirawat dalam beberapa ruang kamar. Si kawan sudah punya data jumlah perempuan-perempuan yang dirawat, dan dia serahkan baju tidur bagus sesuai dengan data yang ada.

Uniknya semua baju diserahkan pada pengelola, kawan bilang, "Lihat saja besok, apakah pengelola akan beri baju-baju itu pada perempuan dalam ruang perawatan atau diberikan kepada anggota keluarganya sendiri," ujar dia tanpa beban.

Selang beberapa bulan, kawan datang lagi dan langsung nengok lokasi A, B dan C. Apakah pembaca tulisan ini bisa menebak yang jadi kenyataan di lokasi-lokasi itu? Bila tebakan tepat, maka akan tahu siapa yang gila sebenarnya.

Bustanul 'bokir' Arifin
Brebes, 4 Januari  2014

Tidak ada komentar: